Tugas dan Fungsi Bidang Akuntasi & Pelaporan Keuangan Daerah

Bidang Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Daerah  melaksanakan fungsi:

1) pengoordinasian  pembukuan anggaran  (akuntansi)  penerimaan kas  daerah;

2) pengoordinasian pembukuan anggaran  (akuntansi)  pengeluaran  kas daerah;

3) pengoordinasian kegiatan  penyusunan laporan pertanggungjawaban  Pelaksanaan APBD;

4) pengoordinasian     kegiatan   penyusunan      laporan     pertanggungjawaban pelaksanaan  APBD pemerintah provinsi;

5) pengoordinasian kegiatan penyusunan  Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD  diKabupaten/Kota;

6) pelaksanaan konsolidasi seluruh laporan  keuangan  SKPD,BLUD  dan PPKD;

7) penyusunan tanggapan terhadap LHP BPK atas laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;

8) pelaksanaan rekonsiliasi realisasi  pendapatan dan belanja serta  pembiayaan;

9) penyusunan  analisis   laporan    pertanggungjawaban  pelaksanaan      APBD;

10) penyusunan  kebijakan dan  panduan   teknis   operasional   penyelenggaraan akuntansi pemerintah daerah;

11) penyusunan   sistem   dan  prosedur  akuntansi   dan   pelaporan      keuangan pemerintah daerah;

12) pelaksanaan verifikasi dan pengujian atas bukti memorial;dan

13) pelaksanaan   pembinaan  dan    sosialisasi    tentang   penyusunan     laporan keuangan  pemerintah  daerah  sesuai  sistem  akuntansi  pemerintah  daerah